Pernyataan yang salah biasanya diawali dari pemahaman yang keliru. Begitupun, anggapan yang salah terhadap Feminisme, akhir-akhir ini, sebenarnya berangkat dari asumsi keliru terhadap pengertian ‘Feminisme’ itu sendiri.
Pengasuh Pesantren Dar at-Tauhid Arjawinangun Kabupaten Cirebon, KH Husein Muhammad, saat ditemui Mubadalah, Jumat 10 Oktober 2018, mengatakan, sebaiknya siapapun mengerti dulu terhadap suatu hal sebelum menghukuminya.
Feminisme, menurutnya, berangkat dari gerakan memperjuangkan persamaan hak dan keadilan bagi perempuan dan laki-laki yang disebabkan ketimpangan relasi. Kondisi perempuan yang berada pada posisi yang lebih rendah dalam relasi di dalam struktur masyarakat saat ini, membuat perjuangan Feminisme lebih memfokuskan diri pada upaya untuk mengangkat derajat kaum perempuan. Tujuannya agar diperoleh relasi yang lebih setara.
“Feminisme muncul karena kondisinya memang perempuan yang sedang dalam posisi tertindas. Dia berada pada relasi (dengan laki-laki) yang timpang,” katanya.
Struktur yang di dalamnya terdapat relasi yang timpang, lanjut Buya Husein, perlu diperbaiki agar menjadi setara. Karena ketimpangan relasi akan mengakibatkan pada marjinalisasi, subordinasi, stigmatisasi, dan kekerasan.
Dalam relasi antara perempuan dan laki-laki yang timpang saat ini, perempuanlah yang menjadi korban. Jadilah perempuan mengalami bermacam-macam perlakukan buruk seperti marjinalisasi, subordinasi, stigmatisasi, kekerasan, dan sebagainya.
Padahal Islam sendiri memandang perempuan dan laki-laki secara setara. Sebab dalam Islam, semua manusia sama derajatnya di depan Allah swt. Di depan Allah, tidak ada yang unggul antara satu dibandingkan dengan yang lain.
“Yang dilihat bukan jenis kelaminnya, apakah dia laki-laki atau perempuan. Tidak melihat apakah yang satu karena jenis kelaminnya itu kemudian lebih unggul dibandingkan yang lain. Tapi Allah hanya melihat seberapa takwa mereka kepadaNya,” lanjut Buya.
Mengurus rumah tangga
Sebab memiliki derajat kemuliaan yang sama, maka baik laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama, termasuk untuk menentukan berkiprah di wilayah domestik (kerja di dalam rumah) atau publik (kerja di luar rumah).
Karena peran-peran tersebut (domestik maupun publik) bukanlah kodrat, melainkan konstruksi sosial masyarakat. Buktinya banyak laki-laki ternyata bisa melakukan kerja-kerja domestik sementara banyak perempuan juga cakap melakukan pekerjaan publik.
“Peran-peran itu bukan kodrat. Kodrat manusia terbatas pada hal yang tidak bisa dipertukarkan antara perempuan dan laki-laki. Kalau bisa dipertukarkan, jelas itu konstruksi masyarakat,” jelas Buya.
Di dalam Islam sendiri tidak ada ketentuan yang menyebutkan bahwa kodrat perempuan hanya bekerja di wilayah domestik. Ketentuan itu tidak terdapat di dalam al-Quran maupun hadits Nabi. Justru sebaliknya, di zaman Nabi Muhammad Saw, banyak sekali perempuan yang berkiprah di wilayah publik tanpa mengganggu tugas dia di dalam rumah.
“Siti Khodijah, istri Nabi, adalah contoh seorang perempuan bekerja di publik (sebagai pedagang),” pungkasnya.
sumber: www.mubaadalahnews.com