Yogyakarta – Pengurus Keluarga Duta Santri Nasional Masa Khidmat 2022-2024 resmi dilantik pada Sabtu (29/01).  Pelantikan dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh pengurus, anggota, dan tamu undangan yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada juga yang sedang berada di negara yang berbeda.

Proses pelantikan berjalan sangat khidmat walaupun dilaksanakan secara sederhana, diawali dengan Khotmil Quran yang dilaksanakan secara virtual. Video sinematik Pemilihan Duta Santri Nasional 2021 juga turut diputar sesaat sebelum acara pelantikan dimulai. Ibu Nyai Rindang Farihah, M.Ag.  mewakili Ketua PW Fatayat NU DIY membacakan Surat Keputusan (SK) dan melantik Pengurus Keluarga Duta Santri Nasional untuk masa khidmat 2022 – 2024.

Terhitung ada 37 pengurus Keluarga Duta Santri Nasional yang dilantik pada malam itu, dengan Syifa’ Nurda Mu’affa sebagai Ketua Umum dan Rania Nurul Rizqia, sebagai Wakil Ketua Umum.

Dalam sambutannya, Syifa’ mengungkapkan dalam menjalankan program kerja ia nantinya akan dibantu oleh Ketua 1, 2, 3, dan 4 yang bertugas mengkoordinasikan beberapa bidang yang menjadi fokus perhatian Keluarga Duta Santri Nasional periode ini. Di antaranya, bidang Sosial Politik dan Saintek, dibawah koordinasi Ketua 1, Azhari Andi. Bidang Agama dan Kesehatan Lingkungan dipegang oleh Ketua 2, M. Ikhsan Kamaluzaman. Bidang Media dan Diaspora, dibawah arahan Ketua 3, Farichatus Sholichah El Chafidz. Bidang Budaya, Seni, dan Olahraga serta Kewirausahaan, dibawah panduan Ketua 4, Yayuk Siti Khotijah.

Syifa’ Nurda Mu’affa dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut andil dalam mensukseskan terbentuknnya Keluarga Duta Santri Nasional (KDSN). Selain itu ia juga berharap semoga KDSN dapat berkembang menjadi organisasi santri yang mampu bergerak dan berinovasi untuk senantiasa memberikan kontribusi optimal demi kemaslahatan bangsa, negara, dan agama.

Keluarga Duta Santri Nasional berkomitmen menjadi Santri Excellent Hub atau مركز سانتري للتميز dalam bidang keagamaan, bidang sains dan teknologi, bidang sosial, politik, dan kemasyarakatan, bidang diaspora, bidang kreatif, multimedia, dan media sosial, bidang budaya, seni, dan olahraga, bidang kewirausahaan, serta bidang kesehatan dan lingkungan”, ungkap Syifa’ Nurda Mu’affa dalam sambutannya sebagai Ketua Umum.

“Karakteristik santri yang mencirikan sikap semangat berkorban, mandiri, bersahaja, egaliter, tawaduk, dan moderat akan menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dan berbagai permasalahan”, lanjutnya.

Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan sambutan dan pemberian ucapan selamat oleh Ibu Nyai Rindang Farihah, M.Ag. Dalam sambutannya, Bu Nyai Rindang yang juga menjabat sebagai Dewan Penasihat KDSN mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik, dengan harapan agar dapat amanah dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan bidangnya masing-masing.

“Duta Santri tidaklah hanya terhenti pada acara pemilihan dan malam anugerah di atas panggung tempo hari. Melainkan menjadi duta santri berarti harus siap untuk menjadi agent of change atau agen perubahan untuk membawa misi Islam yang rahmatan lil alamin sekaligus menjadi pelopor dalam menanamkan dan menyebarkan semangat kebangsaan.” ujar Bu Nyai Rindang sebelum mengakhiri sambutannya.

(NF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here