Duta Santri Nasional secara resmi memulai pelaksanaan program Ngaji Literasi Digital melalui Kick Off yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Medan pada Sabtu (13/8/22). Ngaji Literasi Digital merupakan program kerja sama antara Duta Santri Nasional dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Siberkreasi.


Kegiatan Kick Off yang dilangsungkan secara luring (offline) ini melibatkan ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Sumatera Utara. Diantaranya dari Pondok Pesantren Darul Quran, Pondok Pesantren Darul Hikmah TPI, Pondok Pesantren Ta’dib Al Syakirin, serta Pondok Pesantren lain di Medan dan sekitarnya.


Program ini tidak saja sebagai tuntutan perkembangan global, tetapi juga akan memberikan banyak manfaat kepada santri dan pondok pesantren di Indonesia. Kick Off ini merupakan permulaan dari serangkaian program Ngaji Literasi Digital dari Duta Santri Nasional yang ke depannya akan dilaksanakan di beberapa titik di seluruh Indonesia.
Ketua Umum Duta Santri Nasional, Syifa’ Nurda Mu’affa dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini sebagai upaya mengedukasi santri agar cakap digital. “Ngaji Literasi Digital merupakan sebuah program yang bertujuan untuk membekali santri dalam memanfaatkan serta mengisi ruang digital dengan konten yang bermanfaat dan lebih moderat (tawasuth).” ujarnya.


Selain itu, Syifa’ Nurda Mu’affa juga menambahkan bahwa dalam proses transformasi digital santri harus menjadi aktor. “Melihat perkembangan dunia digital yang semakin cepat, santri harus segera mengambil tempat. Santri harus berada pada posisi yang strategis dan ikut mewarnai proses digitalisasi.”


Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah sangat mengapresiasi program Ngaji Literasi Digital yang diadakan Duta Santri Nasional. Besar harapan beliau, agar program semacam ini dapat terus terlaksana sehingga dapat berdampak positif bagi santri dan pondok pesantren, khususnya dalam meningkatkan kecakapan digital para santri.
“Semoga para santri semakin cakap digital sehingga mampu mewarnai ruang digital Indonesia dengan konten yang rahmatan lil alamin,” ucap Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.


Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid dalam sambutannya pada Kick Off Ngaji Literasi Digital tersebut, turut menyampaikan apresiasi kepada Duta Santri Nasional yang telah mengambil langkah strategis dalam merespon perkembangan dunia digital.
“Program yang mengusung tema ‘Santri Makin Cakap Digital’, sangat relevan dengan kondisi saat ini. Kita ketahui bersama, TIK berkembang sangat cepat yang ditandai dengan pembangunan infrastruktur TIK, internet, era big data, artificial intelligent, internet of thing (IoT), hingga terjadinya revolusi industri 4.0 menuju 5.0. Praktis, sebagian aktivitas telah bergeser dari manual ke platform digital,” katanya.
Waketum MUI Sumatera Utara Dr. H. Ardiansyah juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program Ngaji Literasi Digital. Menurutnya, program ini sangat dibutuhkan oleh santri dan pondok pesantren.
“Mudah-mudahan kegiatan Ngaji Literasi Digital ini dapat membuka wawasan para santri dan santriwati sehingga lebih cakap digital dan membawa keberkahan dari Allah SWT,”


Apresiasi baik lainnya pun muncul dari berbagai pihak, seperti Bapak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Ibu Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan), Bapak Waryono Abdul Ghofur (Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama), dan lain sebagainya, yang menyambut hangat terselenggaranya Program Ngaji Literasi Digital yang diadakan oleh Duta Santri Nasional dan Kominfo tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here