Yogyakarta, Fatayatdiy.com,-Dalam rangka memperingati Harlah fatayat ke 71, Fatayat NU DIY telah melaksanakan pelatihan shalat sempurna pada hari Minggu, 06 Juni 2021, yang di hadiri oleh lebih dari 60 peserta, yang terdiri dari perwakilan dari MWC NU, PC Muslimat, PC dan PAC Fatayat se-DIY. Acara ini dimulai dari jam 07 pagi dan selesai sekitar pukul 17.00. Pelatihan ini dibina langsung oleh Dr. KH. M Sholeh Qosim, MSi. Beserta tim dari Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) PBNU.

Sebelum acara inti dimulai, terlebih dulu diisi dengan acara talaqqi, Tahsin qouliyah dan Tahsin Al-Quran surat pendek dan dilanjutkan dengan acara pembukaan yang diisi dengan pemcayaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan Indonesia raya, Subhanul Wathon dan Mars Fatayat. Dilanjutkan dengan sedikit sambutan yang disampaikan oleh Ketua PW Fatayat DIY, Sahabati Khotimatul Khusna, Wakil PWNU DIY, KH. Dr. Arief Rohman. Acara dilanjutkan dengan simbolisasi dan penyematan identitas peserta yang menandakan resminya pelatihan solat sempurna ini dimulai. dan diakhiri pemberian kenang-kenangan dari pihak LTM PBNU kepada Ketua Fatayat, Ketua PC Muslimat Bantu dan Wakil ketua PWNU DIY.

Pelatihan Solat sempurna ini, meliputi tentang targhib wa tarhib solat (fadilah menegakkan dan ancaman meninggalkan solat), hijrah solat Rosululla dan kenap harus NU. Peserta pelatihan juga diajarkan langsung praktek shalat yang benar dan sempurna, serta dijelaskan dengan terperinci tentang hujjah wudhu dan praktek wudhu yang benar. Bagaimanapun, apabila wudhu nya tidak sah, maka shalatnya juga tidak sah walau Gerakan solatnya sudah sempurnya. Oleh karena ini, praktek wudhu yang benar juga tidak dapat dipisahkan dengan praktek solat sempurna.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga dilakukan praktek menjadi imam dan makmum, bagaimana imam yang ideal ala NU, syarat imam dan syarat makmum, hal-hal yang membuat batal imam dan makmum, problematika imam dan makmum, serta sanad shalat.

Para peserta pelatihan mengakui pelatihan seperti ini sangat penting, karena masih banyak diantara kita yang kurang tepat dalam melaksanakan Gerakan-gerakan shalat. Untuk itu, pelatihan-pelatihan seperti ini diharapkan dapat lebih banyak dilakukan dan memberi kesempatan kepada para peserta yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan kali ini. Bahkan, sampai acara akan dimulai, masih ada peserta yang ingin bergabung untuk ikut pelatihan. Tetapi, menginat perlu ada nya pembatasan peserta untuk tetap menjaga protocol Kesehatan, panitia perlu membatasi jumlah peserta.

Acara Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Harlah fatayat ke 71. Seperti yang disampaikan oleh Ketua PW Fatayat DIY dalam sambutannya, Fatayat NU DIY memiliki beberapa acara yang menarik lainnya. Kegiatan tersebut adalah webinar literasi keuangan Syariah, Diklatsus Garfa NU, RAT Kopras Yasmin dan lomba-lomba seperti Pildacil, lomba tahfidz, tilawah, penulisan biografi, video ulama perempuan, senam fatayat dan tiktok edukasi. Acara puncak harlah Fatayat ke 71 akan diadakan pada 27 Juni 2021 di gedung BLKK Fatayat di Srandakan, acara ini sekaligus untuk meresmikan mulai beroperasinya BLKK Fatayat DIY.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here