Connect with us

Anak Mendadak Demam Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan?

Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Anak Mendadak Demam Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan?

Anak Mendadak Demam Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan?

Tips Kesehatan

Oleh: dr. Ali Machfud

Anak merupakan buah hati kesayangan bagi setiap keluarga. Perkembangan dan pertumbuhannya menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Apalagi jika sang buah hati jatuh sakit, biasanya naluri seorang ibu yang akan lebih peduli terhadap buah hatinya.

Disinilah kematangan dan ketenangan seorang ibu dibutuhkan, karena basanay ibu akan merasa panik ketika tiba-tiba anaknya mengalami demam tinggi. Namun kepanikan justru hanya akan membuat si buah hati tidak tenang.

Oleh sebab itu, sedikit kami akan bahas tentang tindakan apa yang sebaiknya orang tua dapat lakukan untuk pertolongan awal pada si buah hati yang sakit. Dan kali ini, topik yang akan dibahas spesifik pada “Penanganan awal yang dapat dilakukan di rumah saat balita kita demam”

Jika buah hati secara tiba tiba menderita panas tinggi, maka pastikan diri kita sebagai orang tua untuk tetap tenang. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Ambil thermometer tubuh, pastikan berapa derajat suhu tubuh anak. Jika diatas 37,5 derajat celcius maka benar si buah hati sedang mengalami demam
  2. Ajak anak untuk istirahat, dengan menurunkan aktifitas, maka cairan tubuh tidak banyak hilang akibat peningkatan metabolisme sebab aktifitas
  3. Berikan obat penurun panas, sesuai aturan dan dosis yang tertera pada kemasan obat. Untuk balita dan anak, sediaan obat penurun panas cair lebih baik sebab akan mempermudah si buah hati untuk meminumnya. Oleh sebab itu, memiliki persediaan obat sirup penurun panas di rumah sangat dianjurkan bagi yang masih memiliki anak dan balita.
  4. Jika masih demam, kita dapat melakukan kompress pada si buah hati dengan menggunakan air hangat. INGAT, AIR HANGAT! Seringkali banyak ibu ibu muda yang keliru, mengkompress anak yang sedang demam menggunakan air dingin hanya akan membuat kondisi panas anak justru akan meningkat drastis setelah di kompress.

Kompress dengan air hangat, dengan parameter suhu air kompres sesuai suhu tubuh manusia. Atau cara alternatifnya dengan mengukur panas air menggunakan ujung jari kita, apabila kuku kita tidak merasakan air tersebut cenderung ke panas atau dingin, maka suhunya kurang lebih sudah sesuai.

  1. Berikan minum air putih sesering mungkin. Peningkatan suhu tubuh setiap 1 derajat celcius dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan hingga 100 – 300 cc.
  2. Jika buah hati masih demam, setelah mendapatkan obat dan kompress namun panas tidak kunjung turun serta adanya kesulitan pemberian minum, apalagi buah hati tampak lemas. Maka segera bawa dan periksakan buah hati kita ke fasilitas kesehatan terdekat.

 

Sumber :

  1. Adelman RD, Solhaug MJ Pathophysiology of body fluids and fluid therapy. In: Berhman RE, Kliegman RM, Jenson HB. Nelson Textbook of Pediatrics, 16thed.Philadelphia : WB Saunders, 2000: 189‐
  2. Paschall JA, Melvin T. Fluid and electrolyte therapy. Dalam: Holbrook PR.Textbook of pediatric critical care. Philadelphia: WB Saunders, 1993: 653‐

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup

  • anak anak

    Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup

    Mengenal Fase Perkembangan Pada Anak

    By

    Mengapa mengetahui fase pada anak itu penting ? Fase perkembangan pada anak menjadi sangat penting untuk...

  • peta karas peta karas

    Bidang Hukum, Politik dan Advokasi

    Karas dalam Kenanganku

    By

    Karas, sebuah Desa disebelah barat Kecamatan Sedan, katanya disitu buyut kalian dilahirkan. Mbah Mahbub, namanya. Di...

  • Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup

    PENGURUS BIDANG

    By

    Anggota Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup Koordinator                  : Vitrin Nurhayanti, S.Pd. Wakil Koordinator      : Astriani,...

  • Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup

    PROGRAM KERJA

    By

    BIDANG KESEHATAN DAN LINGKUNGAN HIDUP Peningkatan kebersihan dan kesehatan di lingkungan pesantren Penyadaran pentingnya kesehatan reproduksi...

To Top